Kamis, 14 April 2011

EVERYTHING ABOUT HARDWERE KOMPUTER

SEMOGA BERMANFAAT

Di atas kita dapat melihat bagian-bagian dari Motherboard (MB)

Berikut ini kita akan bahas sedikit tentang hal-hal penting yang mungkin kita lupa bila kita akan membeli sebuah komputer. Apa aja sih yang perlu diperhatikan dalam memilih atau membeli komputer. Begini yaaa ... kalo mungkin ada yang kurang mohon saran yaaaaaaaaaaa.... tks.

1.     PROSESOR.

        Yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah prosesor adalah:
a.    Arsitekturnya.   Pilih arsitekturnya yang sesuai. Di sini kami memilih prosesor dari arsitektur Intel  dan AMD. Menyarankan untuk lebih bagusnya apabila komputer yang kita inginkan memiliki spek untuk permainan, alangkah baiknya memilih arsitektur dari AMD.

b.     Jumlah Core.   Semakin tinggi jumlah core yang dimiliki oleh suatu arsitektur maka semakin bagus performa yang akan dihasilkan.

c.     Frekuensi.   Frekuensi merupakan instruksi yang diproses oleh prosesor dalam setiap 1 detik.

d.     Chace.   Chace merupakan tempat penyimpanan data sementara dalam sebuth prosesor.   Semakin besar chace semakin besar performanya.

e.    BUS.   BUS merupakan jalur yang menghubungkan antara prosesor dengan perangkat lainnya.

f.     Thermal Design Power (TDP).   Dalam hal ini TDP sangat dibutuhkan.   Semakin kecil TDP pada sebuah prosesor maka semakin bagus pula performa yang ditimbulkannya.


2.     MEMORI.

Yang perlu kita ketahui bila kita akan membeli komputer juga memperhatikan pula kualitas dari memori itu sendiri.   Memori itu sendiri pada saat ini sudah ada tipe antara lain adalah DDR 1, DDR 2 dan DDR 3.   Dari ketiga jenis memori tersebut masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda ditinjau dari segi kapasitasnya, Latencynya, Voltasenya dan Memori Chanelnya.   Berikut perbedaan ketiga memori tersebut sebagai berikut: DDR 1 memiliki Latency 1,5 - 3 MHz dengan voltasenya adalah 1,75 Volt; kemudian DDR 2 memiliki Latency antara 4 - 7 MHz dan memiliki voltase 1,8 Volt serta DDR 3 memiliki Latency 6-9 MHz dan memiliki voltase 1,5 Volt.   Disana disebutkan ada Latency dan voltase, kemudian ada kapasitas dan memori chanel.  Kemudian apa sih sebenarnya Latency, Voltase, Kapasitas dan Memori Chanel.  Berikut akan kami sampaikan arti dari keempat istilah tersebut.

First,   Latency adalah jeda waktu yang diperlukan oleh prosesor untuk dapat mengakses data dari memori.  Latency merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan performa dari sebuah memori. Semakin rendah Latency sebuah memori maka semakin bagus performa yang dimiliki oleh sebuah memori tersebut.

Second,   Voltase dalam hal ini, semakin rendah voltase yang dimiliki oleh sebuah memori maka semakin bagus performa daripada memori tersebut.  Jadi dapat disimpulkan penggunaan voltase di luar batas dapat menyebabkan kerusakan pada prosesor.

Thirth,   Kapasitas merupakan faktor yang paling penting dalam memilih sebuah memori.   Semakin tinggi kapasitas dari sebuah memori tentu akan semakin banyak program yang dapat dijalankan secara bersamaan oleh sebuah sistem komputer.   Patut diketahui bahwa kapasitas tidak memiliki pengaruh apapun terhadap performa dari sebuah memori.   Kapasitas memori yang ada saat ini memiliki 512 MB, 1 GB, 2 GB dan 4 GB.   Ada pula memori yang dijual dalam set sejumlah 2, 3 dan 4.

Fourth,   Memori Chanel merupakan jalur untuk mengakses memori.   Semakin banyak  memori chanel yang digunakan oleh prosesor untuk mengakses data pada memori, maka akan semakin baik performa dari sistem komputer tersebut.

3.     Apa aja sih komponen utama yang terdapat pada MB?   Beberapa hal yang wajib ada dalam MB adalah soket prosesor, chipset, VRM, slot memori, slot periperal (PCI dan PCIe), Konektor perangkat penyimpanan (PATA dan SATA), konektor daya, header dan BIOS.

1 komentar:

  1. maaf, aku kurang faham yang ke3 nya tentang kapasitas memori.
    maksudnya kapasitas tidak memiliki pengaruh apapun terhadap performance itu gimana? tapi makasih.. dengan tulisan ANda, saya jadi sudah lebih paham hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli memori.

    BalasHapus